From 1000 goto 2000



Peringkat Website di Alexa.com, Penting Tapi Bukan Segalanya

Pernahkah anda penasaran bagaimana Alexa dapat memiliki data – data tentang traffic atau lalu – lintas kunjungan kepada begitu banyak website di dunia? Berbeda dengan aplikasi Google Analytics yang populer itu, tidak ada kode apapun yang ‘ditanam’ pada website manapun yang mencatat dan kemudian melaporkan setiap data kunjungan seorang user kepada Alexa. Atau mungkin kita pernah menduga, mungkinkah setiap kali ada kunjungan seorang user ke sebuah website maka terlebih dahulu visit itu dilewatkan ke servernya Alexa untuk direkam jejaknya?

Banyak yang belum tahu, bak perusahaan research yang menyebar para surveyor untuk mendata pasar, jutaan pengguna komputer yang secara sadar dan sukarela menginstal aplikasi kecil bernama Alexa Toolbar di browser mereka, juga bertindak menjadi menjadi agen surveyor Alexa. Setiap browser yang sudah terinstal Alexa Toolbar akan melaporkan kepada Alexa tentang kunjungan ke berbagai website. Terhadap semua data dan laporan tersebut, Alexa kemudian melakukan agregasi dan analisa terhadap situasi lalu-lintas kunjungan website – website tersebut. Peringkat dan data statistik itu yang kemudian bisa diakses di situs Alexa.com

Mungkin, hal lain yang lebih banyak lagi yang belum diketahui adalah, Alexa Toolbar hanya dapat diinstal (secara normal) di browser Internet Explorer pada komputer dengan operating system Microsoft Windows. Memang beberapa pemrogram telah menciptakan toolbar untuk browser berbasis open source Firefox, namun jumlahnya relatif masih sangat kecil. Selain itu, beberapa orang mengklaim telah menciptakan script yang dapat menghasilkan data palsu tentang traffic atau kunjungan ke sebuah website, dan berhasil meningkatkan peringkat website itu di Alexa. Tentang hal inipun belum terbukti benar bahwa scrpit yang menghsilkan ‘kunjungan palsu’ dapat meningkatkan peringkat website di Alexa.

Apapun, hal ini tentu menjadikan akurasi tentang popularitas dan tingkat kesibukan sebuah website menurut Alexa.com menjadi sangat relatif. Meskipun akhir – akhir ini peringkat Alexa banyak digunakan sebagai acuan oleh para agen periklanan maupun oleh pihak – pihak yang membutuhkan informasi tentang sebuah website, pernahkah terbayangkan berapa juta komputer yang tidak berpartisipasi dalam survei Alexa ini karena tidak terinstal toolbar milik Alexa. Berapa banyak website yang sesungguhnya sangat tinggi tingkat lalu – lintas kunjungannya, namun sebagian besar komputer pengunjungnya tidak terinstal Alexa toolbar.

Bahkan, sebuah komputer dengan OS Windows dan browser Internet Explorer pun, tidak serta merta dapat menginstal Alexa Toolbar dengan mudah. Beberapa anti virus terkini seperti Norman misalnya, akan mencegah proses instalasi karena menganggap Alexa Toolbar sebagai program iklan komersial. Tentu kita dapat melepaskan halangan instalasi tersebut dengan melonggarkan aturan atau rule yang ada di anti virus, namun tentu bukan hal yang sederhana bagi seorang awam pengguna komputer. Hal ini tentu mempengaruhi pertumbuhan populasi pengguna Alexa Toolbar.

Data dan informasi tingkat kesibukan lalu – lintas kunjungan sebuah website selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Namun, hingga hari ini belum ada satu metode atau cara yang dapat menjawab kebutuhan itu secara menyeluruh. Dibutuhkan beberapa alat ukur dengan beberapa parameter yang digabungkan untuk dapat menghasilkan data dan informasi yang lebih sempurna.

Jadi, tidak perlu berkecil hati dulu bila peringkat website anda di Alexa.com belum memuaskan, mungkin sebagian besar pengunjung website anda tidak menggunakan komputer dengan OS Windows, atau tidak menggunakan browser Internet Explorer, atau bahkan tidak dapat menginstal Alexa Toolbar pada browsernya.

update by resep.web.id
untuk menampilakan alexa rank pada website anda, berikut scriptnya :

<SCRIPT type='text/javascript' language='JavaScript'
src='http://xslt.alexa.com/site_stats/js/t/b?url=www.domain.com'>
</SCRIPT>

Ganti www.domain.com dengan domain anda!

Hasilnya :
Alexa Certified Site Stats for www.resep.web.id

Ada beberapa type, info lengkapanya disini!

Dari kumpulan pemikiran tentang Web2.0 di adriantogani.com

sumber:

1. Adrianto Gani – wikimu.com

2. http://www.resep.web.id/komputer-internet/peringkat-website-di-alexacom-penting-tapi-bukan-segalanya.htm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: