From 1000 goto 2000



Pengaruh Outbound Link terhadap pagerank

Sumber : www.seo-indonesia.com

Seperti dijelaskan dalam algoritma pagerank, bahwa pagerank didistibusikan setelah dibagi dengan jumlah outbound link pada halaman tersebut. Jadi sebuah halaman yang menerima pagerank dari halaman lain setelah dibagi jumlah link keluar dari halaman itu disertai dengan peredaman distribusi rank dengan nilai damping factor.

Sebelumnya,yang perlu diperhatikan adalah PR perhalaman dan Total PR website adalah hal yang berbeda.
Outbound link tidak akan berpengaruh langsung pada pagerank halaman itu sendiri, melainkan halaman lain yang di-link oleh halaman tersebut dan kemudian berpengaruh lagi bila ada backlink dari halaman yang di-link. Dan jika outbound link itu adalah external link (link keluar website), maka akan sangat berpengaruh pada pagerank dari halaman-halaman lain dalam website tersebut. Atau bisa dibilang pagerank total dari website.

Dilihat dari struktur link website pada umumnya, setiap halaman saling terkait atau minimal memiliki satu link ke halaman home. Jika dalam kasus ini tidak ada external link, maka distribusi pagerank hanya pada halaman-halaman di dalam website tersebut dan tidak akan berkurang dari sisi total pagerank website.

Artikel ini akan sedikit membingungkan jika anda belum membaca konsep dan algoritma pagerank. Secara gamblangnya, jika sebuah halaman memiliki external outbound link, halaman itu akan mendistribusikan pagerank yang dimiliki untuk situs lain. Dan jika halaman itu juga memiliki link ke halaman lain dalam situs yang sama maka, pagerank yang diterima halaman yang di-link dalam situs yang sama tersebut akan berkurang.

Contoh kasus yang paling buruk dan sering terjadi adalah, bilamana struktur link halaman (artikel struktur link menyusul) sebagian besar mendistribusikan pagerank ke halaman utama (index) dan halaman index memiliki banyak external outbound link maka halaman lain dalam website tersebut akan memiliki pagerank yang sangat minimal. Hal ini karena setelah pagerank terkumpul di halaman index, pagerank didistribusikan ke situs lain. Keadaan ini akan lebih diperburuk lagi apabila halaman-halaman lain itu tidak mendapat link langsung dari halaman index. Karena hal inilah kenapa halaman yang bukan halaman index sering memiliki PR rendah.

Hal ini memang memiliki dampak yang sering tidak kita duga, beberapa artikel lain yang akan berpengaruh dan kasus-kasusnya akan saya bahas dalam artikel-artikel selanjutnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: